Jadi leader di sana, lom tentu bisa jadi leader di sini guys! Carrefour contohnya. Pas awal – awal dibangun hipermarket Carrefour dan Hypermart, wa.... demo di Semarang yang biasanya jarang, mendadak jadi rame. Para demonstran berargumen ntar wet market (pasar tradisional) bisa tutup gara – gara semua pada belanja di hypermarket.
Tapi kenyataannya? Wet market masih berkibar, coy! Coba aja pagi buta mampir ke pasar Johar atau Peterongan. Hampir tiap hari sebelum Shubuh di Johar dan Peterongan ramainya bukan main, bukan seperti Carrefour yang rame cuma pas grand opening.
Ini Semarang, bung! Orang Semarang punya gaya Semarang. Gue kasih tau ya. Perilaku konsumen Semarang kalo terlanjur langganan belanja di suatu tempat alias dah kenal sama mbok atau om penjualnya, dijamin ga gampang pindah tempat. Yakin aja ma gue yg dah lebih dari 20 tahun di Semarang. Walau di tempat lain harganya lebih murah atau ruangannya pake AC.
Mau contoh? Ni… Matahari Departement Store versus Pasar Sohar. Sekarang swalayan matahari cuma jadi lahan parkir buat mereka yg mau belanja ke Sohar. Daripada gedungnya nganggur? Satu lagi ni. Super market lokal Semarang Mal Maja Mas coba menantang Pasar Gayamsari. Hasilnya? Mal Maja Mas bukan lagi tempat orang belanja, tapi malah jadi kayak gedung hantu yang ga dirawat. Satu lagi pasar swalayan yang mati: Alfa gudang rabat. Alasannya sih kontrak gedungnya habis dan diminta ma yang punya. Tapi pa bener tu? Orang bisnis berpikir kalo usahanya masih bisa mbuat duit, segala cara dilakukan biar usaha tetep jalan. Masalah kontrak? Ah, itu bisa di nego. Tapi Alfa?
Selain swalayan yang mati, ada juga yang mulai kembang kempis. Makro yang dulu gengsinya gede: kalo masuk harus punya member. Nyatanya? Kartu member dihilangin tapi pelanggan belum pada ngunjungin. Parkirnya sepi terus tuh. Masih rame parkir di kampus gue. He... Terus Sri Ratu Peterongan, walau gedungnya dah dipermak habis, tapi siang – malem, hari libur atau enggak, tetep masih kalah rame ma pasar peterongan.
Sekarang coba mbahas Carrefour yang digadang – gadang bakal jadi leader. Sekarang Carrefour Semarang biasa aja. Di kasir ga lagi ada antrian. Pameran komputer yang dulu sempet sekali mampir di Carrefour, sekarang pindah lagi ke tempat lama di Java Mall. Bukti kalo orang Semarang lom bisa “nerima” kalo pindah ke lain tempat.
Makanya, jadi leader di sana lom tentu bisa jadi leader di sini.
Tapi kenyataannya? Wet market masih berkibar, coy! Coba aja pagi buta mampir ke pasar Johar atau Peterongan. Hampir tiap hari sebelum Shubuh di Johar dan Peterongan ramainya bukan main, bukan seperti Carrefour yang rame cuma pas grand opening.
Ini Semarang, bung! Orang Semarang punya gaya Semarang. Gue kasih tau ya. Perilaku konsumen Semarang kalo terlanjur langganan belanja di suatu tempat alias dah kenal sama mbok atau om penjualnya, dijamin ga gampang pindah tempat. Yakin aja ma gue yg dah lebih dari 20 tahun di Semarang. Walau di tempat lain harganya lebih murah atau ruangannya pake AC.
Mau contoh? Ni… Matahari Departement Store versus Pasar Sohar. Sekarang swalayan matahari cuma jadi lahan parkir buat mereka yg mau belanja ke Sohar. Daripada gedungnya nganggur? Satu lagi ni. Super market lokal Semarang Mal Maja Mas coba menantang Pasar Gayamsari. Hasilnya? Mal Maja Mas bukan lagi tempat orang belanja, tapi malah jadi kayak gedung hantu yang ga dirawat. Satu lagi pasar swalayan yang mati: Alfa gudang rabat. Alasannya sih kontrak gedungnya habis dan diminta ma yang punya. Tapi pa bener tu? Orang bisnis berpikir kalo usahanya masih bisa mbuat duit, segala cara dilakukan biar usaha tetep jalan. Masalah kontrak? Ah, itu bisa di nego. Tapi Alfa?
Selain swalayan yang mati, ada juga yang mulai kembang kempis. Makro yang dulu gengsinya gede: kalo masuk harus punya member. Nyatanya? Kartu member dihilangin tapi pelanggan belum pada ngunjungin. Parkirnya sepi terus tuh. Masih rame parkir di kampus gue. He... Terus Sri Ratu Peterongan, walau gedungnya dah dipermak habis, tapi siang – malem, hari libur atau enggak, tetep masih kalah rame ma pasar peterongan.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBdh_C4d73ocecNIUEAqQrDi8L9S_wgwgWxPy7iEqACiFoc5S3uTVP999LjJfYWJqlQmDm5QMXoA6YuqpoXfqLs9WOoMOB76JHb1EbyojXsIlcI1Pc2C0Km7yYm6A-OCRuakibwQT1NdBD/s400/carrefour-torcy.jpg)
Makanya, jadi leader di sana lom tentu bisa jadi leader di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar