Dalam rangka Ultah Blog ni yg pertama, aq berencna permak habis tampilannya. Tungguin yaw....

Comments ato ga, polling ato ga, maen game di si ni ato ga, pokoknya Thnx U dah mampir blog ni...

Sejarah dah nunjukin pemimpin2 hebat kayak Napoleon di masa perang, Franz Beckenbauer di dunia sepak bola, n Ir Soekarno juga. Soalnya pada dasarnya setiap orang punya potensi mimpin. Tapi hanya sedikit yg bisa gunain potensi kepemimpinannya. Karena mang memimpin ga segampang itu, aq sndri penah ngrasain.

Gag ada yang pribadi, cause tu rahasia hatiku sendiri. Blog ni cuma berisi about dokumentasi sepak terjang karier latihan kepemimpinan n suka - duka ku sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Leader Corner : 3/4

Wah
Ga nyangka tenyata sekarang dah bulan ke-9 dari 12 bulan jatah qu (SK Dekan bilangnya mpe 31 Des 09) sebagai ketua HMJ Admin Bisnis Undip Semarang. Tu brati dah 75% waktu yg ku pake. Aku berharap di sisa waktu 25% ni, ada hal yg masih bisa ku berikan buat HMJ Admin Bisnis.

31 Jul 2008

Sell Your Ideas

Pada saat KKL Malang – Bali 6 – 11 Juli 2008, kita mampir di Jurusan Admin Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Univ Brawijaya (UB). Setelah sedikit tukar cerita ma mereka, kita tau kalo mereka memiliki lebih banyak keunggulan. Mulai dari fasilitas kampus yang lebih memadai hingga kegiatan kemahasiswaan yang lebih banyak dan bagus2. tapi sebenarnya ada satu hal yang kita miliki n bikin mereka salut pada kita.

UB bisa dibilang termasuk “kampus rakyat”. Ini dikarenakan uang SPP nya masih selera rakyat alias terhitung murah. Tapi walau SPP murah, bukan berarti fasilitas kampusnya murah. Gedung2 lebih baru dan bagus, suasana kampus lebih asri, n fasilitas kampus lainnya yang lebih lengkap.



Iseng2 aq tanya ma ketua BEM n HMJ Admin bisnis UB kurang lebih gini, “Di UB, setiap organisasi kemahasiswaan dapet bujet per tahun berapa?”. Mereka menjawab, “Kurang lebih 7 jutaan.” Hah?

Lanjut, mereka juga cerita dana tu diturunkan ga langsung cash 7 juta. Tapi setiap mo ada kegiatan, bikin proposal lalu minta duit berapa yang dibutuhkan ke fakultas.

Jumlah anggaran 7 juta tu kira – kira 3 kali lipat bujet organisasi kemahasiswaan di FISIP Undip, itupun jumlah dana tahun lalu yang sebesar 2,7 juta. Kalo tahun ni aku ga tau berapa jumlahnya. Lha koq bisa ga tau? Karna periode ni sama sekali lom dapet bujet dari kampus. Alesan bujett lum turun gara – gara BEM FISIP tuh! Huh! Lebih lengkapnya ntar kapan2 aq ceritain.

Teyuz kalo ga (eh lum dapet ding) dana ngadain kegiatannya gimana? Nah ini dia hal yang bikin mereka salut: Kita ngadain kegiatan ga pernah pake jatah dana HMJ kita. Sekali lagi kita ga penah pake jatah dana HMJ kita.

Yang dibutuhkan wat ngadain event Cuma modal 50 ribu buat bikin proposal, terus selebihnya kita pake dana sponsor n donatur lain. Misalnya acara bank tuh. Tu kita Cuma bikin proposal sekitar 10 buah, terus disebar ke sponsor target. Jadi deh turun 3 jutaan buat ngadain event seminar tu. Lalu seminar buruh juga sama, kita bikin proposal seharga 50ribuan, lalu kita sebar lagi. Nembus lagi deh hampir 2 juta. Kalo acara yang kunjungan perusahaan tu proposal kita tujukan ke bagian keuangan FISIP, tapi tu bukan pos dana HMJ AdBis Undip.

So, kita buat event tu modalnya Cuma 50 ribu plus ide yang dijual ke stakeholder. Lakunya berapa, apakah 3 juta ato 2 juta, itulah yang kita pake buat operasional acara. Bahasa keren di dunia bisnis kan “Sell Your Ideas”. Proposal harganya 50 ribu, ide harganya 2 - 3 juta. Terus ditambah modal 1 lagi: keyakinan. Keyakinan kalo acara bakal jalan dgn modal 50 ribu plus ide konsep acara. Soalnya tanpa keyakinan yang kuat, ga mungkin kita bisa jalanin acara ni dari awal mpe jadi 100%.

Tidak ada komentar:

Lagi Boring, Sensi, Mosi? Play it!

Instuction: Gampang koq. Maennya cuma pake control up, down, right, n left button di keyboard. Enjoy!

Super Mario Game

Pacman

Nonton Pilem Terbaru