Dalam rangka Ultah Blog ni yg pertama, aq berencna permak habis tampilannya. Tungguin yaw....

Comments ato ga, polling ato ga, maen game di si ni ato ga, pokoknya Thnx U dah mampir blog ni...

Sejarah dah nunjukin pemimpin2 hebat kayak Napoleon di masa perang, Franz Beckenbauer di dunia sepak bola, n Ir Soekarno juga. Soalnya pada dasarnya setiap orang punya potensi mimpin. Tapi hanya sedikit yg bisa gunain potensi kepemimpinannya. Karena mang memimpin ga segampang itu, aq sndri penah ngrasain.

Gag ada yang pribadi, cause tu rahasia hatiku sendiri. Blog ni cuma berisi about dokumentasi sepak terjang karier latihan kepemimpinan n suka - duka ku sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Leader Corner : 3/4

Wah
Ga nyangka tenyata sekarang dah bulan ke-9 dari 12 bulan jatah qu (SK Dekan bilangnya mpe 31 Des 09) sebagai ketua HMJ Admin Bisnis Undip Semarang. Tu brati dah 75% waktu yg ku pake. Aku berharap di sisa waktu 25% ni, ada hal yg masih bisa ku berikan buat HMJ Admin Bisnis.

31 Jan 2008

Di balik Dapur Recruitment

Beberapa hari setelah aq umumin susunan pengurus HMJ AdBis perionde 2008, beberapa “sentilan” muncul. Di antaranya:
• Maz, aq koq dimasukin bidang ini?
• Maz, ada temen aq lagi yang bener – bener pengin masuk HMJ.
• Aq di bidang mana azza mau dech
• Dsb, dll, dsr, etc, ...
Nah, btw gw pengin sedikit buka dapur soal gimana cara qt rekrut n nempatin personil di pos mana.
1. Yang pertama pasti kita liat track recordna dulu donk. Caranya ga cuma liat ke-aktif-an dia di HMJ sebelumna. Kalo di HMJ sebelumna dia lom dapet kesempatan join gimana? Lha, kita liat misalnya gimana kiprah n partisipasi dia di event AdBis kayak TeKa. Atau kepanitiaan event laennya seperti Pemira n sejenisnya. Selain itu, kita juga liat gimana dia di UKM Undip. So intinya, keaktifan di HMJ sebelumna bukan sebagai satu – satunya faktor pertimbangan. Ok?
2. Lewat hasil wawancara oprec. Banyak bangets yang pada tanya pertanyaan wawancara susah, lebih susah daripada soal ujian Asman atau PO. Nah itu mang qt setting gitu. Jadi wawancara tu lebih kita arahkan ke pengenalan karakter, skill, n potensi sobat HMJ. Misalnya pertanyaan: “event apa yang pengin kamu adain, mengapa dan bagaimana”, “sebutkan binatang kesukaan kamu”, “saya benci n suka bila”.
3. Next qt pertimbangin balance antar angkatan n tingkat kematangan personil. Jadi setiap bidang, kita ciptakan keaneka ragaman angkatan. Jangan sampe ada satu bidang yang di dominasi oleh angkatan X misalnya. Ga sehat. Selain itu, personil yang kita pandang udah penah b’karir di organisasi, kita sebar ke semua bidang. Kita ga mau ada satu bidang personilnya “muka baru” semua n bidang lain isinya “muka lama”. Biar ada transfer ilmunya geto loh.
Nah, tu beberapa teknik dari qt. Qt sendiri nyusun tu ga cuma makan 1 minggu. Lebih. Kita godog bareng2. Misalnya: eh bidang ni koq angkatan XX banyak banget, koq muka baru semua, isinya koq cowoknya banyak banget, ...

Tidak ada komentar:

Lagi Boring, Sensi, Mosi? Play it!

Instuction: Gampang koq. Maennya cuma pake control up, down, right, n left button di keyboard. Enjoy!

Super Mario Game

Pacman

Nonton Pilem Terbaru